Kamis, 09 April 2009

Bisnis Itu....

okay cing.. disini gw coba bwt bercerita ttg bisnis gw..

soalnya gw mikir klo kita trus2an idup dari bekerja (ngantor maksudnya) trus kapan nikmatin idup kita??? inget cuy, idup cm skali jadinya cobain aj smua hal yg bs kita lakuin, asal yg baek2 y...

pas gw kuliah, gw dah mulai ngerintis usaha gw. Pertama bgt gw baca buku ttg bisnis, y ud terbakarlah semangat itu, lsg gw coba pinjem uang ma nyokapnya tante gw yg besarnya 5jt. trus lsg gw sewa tempat d sekitar kampus gw, tp gw blm tau jualan paan, hehehe..

baru deh bis itu gw mikir n menghasilkan keputusan gw jualan surabi aj y ky yg di enhaii itu. trus gw cari dah pegawai gw dengna bantuan penjaga kost gw. setelah ktemu pegawai2 gw n dapetin resepnya langsung dah gw buka tu warung.

2 mgg pertama responnya mantaph bgt n gak nyangka gw. gile gampang bgt y usaha, tinggal bikin yg beda pasti laku dah, ky gt tuh pikiran pertama gw..

tapi setelah 2 mgg yg membahagiakan itu pendapatan mulai turun, turun, dan turun. akhirnya pas masuk builan ke 2 gw dah gak bs mempertahankannya. y ud gw tutup lah warung n bisnis pertama gw.

stlah itu gw sempet bergabung (lebih tepatnya terpengaruh siy) bwt ikut bisnis yg menurut gw itu bullshit, yaitu MLM dan Besi Tua. cape doang dnger iming2 cpet kaya. Padahal gw dah baca buku yg blg ciri2 bisnis yg gak awet itu adalah iming2 hasilnya gak masuk akal, gini aj coy, klo emg tu bisnis ngehasilin gede knp gak d ambil aj ma tu orang yg nawarin kita..

ok, selanjutnya adalah petualangan gw berbisnis jus. jadi ceritanya tmen gw, dadiek, ato sering dpanggil eksis, mo bikin rumah makan tapi dya kebingungan bwt handle minuman. trus dya tanya gw, y ud lsg gw blg aj bisa, hehehe..

lagi2, gara2 itu gw jd bingung lg, mulai darimane?? apa aj yg gw jual??? sape yg mo jualin?? hehehe..

singkat cerita gw dapet 1 org temen yg mo nyiapin jusnya, namanya Mang Engkus. hari ke hari makin ok dagangannya, tp dnger2, juragan rumah makan di sebrang jalan gak suka bgt dagangan gw ma dadiek laku. tiba2 dalam beberapa hari tu warung jadi sepi pngunjung n akhirnya mengharuskan gw gulung tikar bwt kedua kalinya...

setaon abis itu gw kapok dah jualan, sampe akhirnya gw ngerasa bosen idup gini2 doang, kuliah, tidur, latian judo, pacaran, ngegame. trus gw mikir coba lg ah jualan, sape tau yg skr berhasil.

mikir lg tu gw ampe kpikiran bwt jualan ketoprak, soalnya blm ada tu d kmps gw yg jualan ketoprak. trus gw cb calling mang engkus lg, tnyata dia setuju, dan akhirnya kita kerjasama lg deh...

nah bwt yg ini ni hasilnya siy sdikit, yah sehari cm dapet 10-20rb aj gwnya, itu tu 40% dari hasil satu hari, tapi sgitu tu gak naek gak turun tiap harinya, y ud gw jalanin aj dl..

bis jalan skitar 2 bln istrinya mang engkus tu melahirkan, otomatis butuh uang lebih dong bwt si bayinya. akhirnya gw buat keputusan, gw kluar dari bisnis ketoprak ini. semua urusan gw serahin k mang engkus, tujuan gw biar smua hasilnya bs dpake ma dya.

dan ternyata tu orang kerja kerasnya ok bgt, ampe skr tu gerobak ketoprak ttp eksis nongkrong d dpn kampus.. salut gw ma dya n sneng aj bs bantu dya bwt ngidupin kluarganya...

bis dari situ gw lebih konsen k kuliah soalnya dah mo smester2 akhir..

nah, suatu hari pas gw k kampus tmen gw ngajakin bwt ikutan magang di datacomm, vendor gt d. y ud lsg aj gw ikutan n ternyata dapet dan bikin gw harus ninggalin bdg selama 3 bln, padahal baru jadian tuh.. hiks..

biz slese dsana n plg k bdg, gw berhasil ngumpulin duit yg lmyn lah bwt ukuran mahasiswa.

pas lg2 enk2 ngerjain TA, tiba2 ce gw nelpon ngasi tau klo ada beasiswa untuk wirausaha. y ud gw blg k dya tlg bikinin proposal bwt ikut..

nah inilah bisnis terakhir gw n tetap berjalan hingga saat ini.. KOKORO BENTO namanya..

bwt lebih jelas ttg KOKORO BENTO lu bs liat d postingan selanjutnya...

intinya, gw harus melewati beberapa bisnis dl yg gagal, yg gw liat siy sebagai ujian bwt seorang yg mo menjadi pebisnis..

jadi, bwt tmen2 yg gagal sekali dua kali jgn putus asa lah.. yg ptg tu ttp mau bwt mulai lg..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar